Wednesday 22 April 2015

Memperingati Hari Buku Nasional Mari Melestarikan Budaya Membaca


Dari dahulu sampai sekarang membaca merupakan perintah, dari duduk di bangku TK sampai perguruan tinggi bahkan sampai masuk dunia kerja membaca menjadi perintah. Kalo kita melihat sejarah dalam islam pada zaman nabi Muhammad SWA perintah pertama dari Allah SWT sebagai firmannya “ iqra “ bacalah. Begitulah membaca merupakan perintah karena membaca banyak sekali manfaatnya.

Sekarang ini budaya membaca semakin rendah bahkan Negara kita sendiri berada di tahap rendah dalam budaya membaca. Faktanya dalam laporan UNESCO hanya dari 1 dari 1000 orang di Indonesia yang mempunyai minat baca tinggi. Untuk melihat minat baca masyarakat kita juga bisa melihat seberapa banyak buku yang dicetak setiap tahunnya. Tak mungkin penerbit terus menerus menerbitkan buku, sementara bukunya tak pernah diminati oleh pembaca.  Di Indonesia, ternyata rata – rata hanya 18.000 judul buku yang dicetak setiap tahunnya. Bandingkan dengan Jepang yang lebih dari dua kali lipat 40.000  judul buku yang dicetak setiap tahunnya.  Juga  dengan India dan Cina yang mampu mencetak 60.000 dan 140.000 judul buku pertahun.
Ada pribahasa yang mengatakan “ Buku adalah jendela dunia “  dengan membaca kita bisa mengetahui isi alam ini, dengan membaca kita bisa mengetahui perubahan dunia dan  mengenal dunia beserta isinya. Betapa bermanfaatnya jika budaya membaca kita di tingkatkan karena dengan membaca dapat membantu mengembangkan pemikiran dan menjernihkan cara berpikir.
Toko Gunung Agung  (6)
Faktor lain dari rendahnya minat baca yaitu harga buku yang cukup mahal terutama di negeri kita. Akan tetapi masih banyak cara lain untuk bisa membaca buku yang ingin kita baca dengan harga yang murah dan bahkan tidak usah mengeluarkan uang untuk membelinya. Banyak sekali toko buku eceran yang menjual buku bekas walaupun sedikit kusam tetapi masih bisa di baca. Berkunjung ke perpustakaan merupakan cara yang cukup praktis untuk membaca, bahkan kalian bisa meminjamnya untuk beberapa hari. Kebanyakan orang melupakan kegunaan perpustakaan padahal bertepatan dengan hari buku nasional merupakan tanggal dimana berdirinya Perpustakaan Nasional.
Manfaat membaca sangat banyak sekali dari segi pengembangan diri sampai kesehatan. Ada beberapa manfaat membaca yang di kutip dari beberapa para ahli, menurut Gray & Rogers manfaat membaca yaitu :
1. Meningkatkan Pengembangan Diri
Dengan membaca seseorang dapat meningkatkan ilmu pengetahuan. Sehingga daya nalarnya berkembangan dan berpandangan luas yang akan bermanfaat bagi dirinya maupun orang lain.
2. Meme nuhi Tuntutan Intelektual
Dengan membaca buku pengetahuan bertambah dan perbendaharaan kata-kata meningkat, melatih imajinasi dan daya pikir sehingga terpenuhi kepuasan intelektual.
3. Memenuhi Kepentingan Hidup
Dengan membaca akan memperoleh pengetahuan praktis yang berguna dalam kehidupan sehari-nari. Misalnya dengan membaca cara perawatan buku, maka akan diperoleh pengetahuan perawatan buku.
4. Meningkatkan Minatnya Terhadap Suatu Bidang
Seseorang yang senang buku internet misalnya dengan makin membaca buku-buku tentang internet, minatnya akan meningkatkan untuk mempelajarinya lebih mendalam.
5. Mengetahui Hal-hal yang Aktual
Dengan membaca seseorang dapat mengetahui peristiwa-peristiwa yang terjadi di lingkungan tanpa harus pergi ke lokasi.  Misalnya adanya gempa bumi, banjir, kebakaran dan peristiwa yang lain.
Dengan meningkatkan budaya membaca kita bisa membawa negeri kita lebih maju dan dengan banyak membaca kita meningkatkan pola hidup yang lebih baik. Mari membaca dan mari tingkatkan budaya membaca “Selamat Hari Buku Nasional”.
Oleh : Piqih Zulhamdi

sumber : http://www.care4kidsindonesia.org/?p=908

No comments:

Post a Comment